Senin, 24 Desember 2012

Gunakan Kentang Untuk Uji Coba Wi-Fi

Metrotvnews.com: Produsen pesawat Boeing asal Amerika Serikat melakukan uji coba penggunaan sistem wi-fi dalam penerbangan. Namun, produsen menggunakan bahan yang dianggatp tak wajar dalam uji coba itu yaitu kentang.

Boeing menggunakan beberapa kantong besar berisi kentang yang diletakkan di kursi penumpang selama pengujian kekuatan sinyal nir-kabel wi-fi. Menurut peneliti Boeing, kentang berhubungan dengan sinyal elektronik dalam cara yang sama dengan manusia.

Teknik itu juga mengambil keuntungan fakta bahwa kentang, tidak seperti manusia, tidak pernah merasa bosan menjadi bahan penelitian.

Para teknisi Boeing melakukan serangkaian tes menjamin bahwa penumpung bisa mendapatkan kemungkinan sinyal wi-fi terkuat saat berada dalam penerbangan. Di saat yang bersamaan, penumpang pun memenuhi standar keamanan untuk melindungi gangguan dengan sistem elektrik pesawat.

Sinyal nirkabel berfluktuasi secara acak di dalam ruang tertutup kabin pesawat di saat orang bepergian. Itu berarti distribusi sinyal tidak merata dalam kabin dengan kondisi di sejumlah kursi bisa menerima sambungan yang kuat atau lemah.

"Anda ingin komputer jinjing bekerja dimanapun lokasi kursi anda, tetapi ada kemungkinan perubahan sinyal yang signifikan tergantung lokasi komputer jinjing berada,'' kata seorang teknisi Boeing Dennis Lewis.

Untuk melakukan uji distribusi sinyal, perusahaan memilih kentang ketimbang manusia sebagai subyek penelitian. Perusahaan menempatkan sekitar 9.000 kilogram kentang dalam karung di kursi penumpang.

Menurut Boeing, kentang berhubungan dengan sinyal elektronik yang menyerupai badan manusia. Sehingga kentang menjadi 'pengganti manusia' yang sempurna dengan hanya duduk tanpa gerak selama berhari-hari saat pengumpulan data.

Komisi Kentang Inggris mengatakan banyak orang yang mengecilkan alternatif penggunaan kentang.

"Contohnya di kertas dan industri tinta, sari pati kentang digunakan baju untuk menguatkan serat agar tidak mudah putus saat penenunan, dan bisa juga untuk bahan pemanis,'' kata seorang juru bicara Komisi Kentang Inggris.

"Untuk kecantikan dan kesehatan, kentang memiliki efek menenangkan dan obat pilek, sedangkan kentang mentah bisa menenangkan mata yang lelah, kentang sebagai alkohol, dan kentang bisa memproduksi listrik," tambahnya.

Frederic Rosseneu dari Asosiasi Perdagangan Kentang Eropa, Europatat, mengatakan organisasinya menunggu eksperimen lain yang bisa membuat hidup manusia lebih nyaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang ingin di sampaikan, silahkan berkomentar di bawah ini.